Langsung ke konten utama

The Road Back to YOU (Perjalanan Eneagram untuk mengenal diri)


Review book - THE ROAD BACK to YOU

Perjalanan Eneagram untuk mengenal diri

by. Ian Morgan Cron dan Suzanne Suzanne Stabile

One Things Remain - spotify 


Haii.. setelah sekian purnama, akhirnya memberanikan nulis dan update di blog lagi. puji Tuhan.

Kali ini aku mau share beberapa hal yang memberkati ku dalam perjalananku menikmati bacaan ini.

Bersyukur banget bisa baca buku ini bahkan ketika ada dimasa tidak dapat mengenali diri dengan baik, buku ini benar-benar membawa ku kembali ke jalan yang namanya "who I am"

Sama seperti keluarga, sabahat dan orang2 terdekat penulis yang sangat merekomendasikan buku ini untuk dibaca oleh SEMUA orang..  aku pun sepakat hingga one hundred persen bahkan more and more kalo bisa. hehehe.. 

Buku ini bukan hanya bagus karena ngasih tau kebaikan-kebaikan tentang kita, namun terlebih lagi karena menusuk, merobek dan membuka semua selubung kegelapan yang kita miliki bahkan yang tidak kita sadari itu adalah kita. memang menyakitkan saat tau tentang siapa kita dengan segala keburukan yang kita miliki, namun itulah yang buat kita dapat bertumbuh, berbuah dan menjadi berkat. (entah, saya sangat suka menggunakan kalimat ini "bertumbuh, berbuah dan menjadi berkat" ini seperti slogan kehidupan yang selalu bersama kita yang memberi pengharapan dan kekuatan).

Baiklah, tanpa berlama-lama ber-introduction, ada satu kalimat yang amat saya sukai dari buku ini yang menyatakan "tanpa mengenal diri tidak ada pengenalan tentang ALLAH"

Sepertinya kalimat ini tidak perlu lagi saya jelaskan, karena tertulis dengan baik dan mudah dimengerti. tau respon pertama apa yang saya rasakan setelah membaca kalimat diatas? SAYA MENANGIS. why? karena saya amat begitu setuju dengan statement ini sekaligus rasanya seperti ditusuk dari depan yang amat sangat menyakitkan yang kemudian menyadarkan saya betapa selama ini saya tidak benar-benar mengenal ALLAH dengan benar karena saya juga bahkan tidak mengenal diri saya sendiri dengan baik. namun setelah itu, saya amat sangat bersyukur karena saya punya kesempatan baca buku ini sehingga saya punya kesempatan belajar mengenal ALLAH dengan terus mengenali diri saya sendiri senantiasa saya diajak menemukan ALLAH hadir didalam diri saya.

Bagaimana dengan teman-teman? apa yang kamu rasakan saat kamu/kalian membaca statement itu?

"Apa yang tidak kita ketahui tentang diri kita bisa dan akan melukai kita, belum lagi hal-hal yang lain, selama kita tidak sadar akan cara kita melihat dunia, luka dan kepercayaan yang telah membentuk diri kita, maka kita sedang ditawan oleh sejarah kita sendiri. kita menjalani hidup yang secara otomatis melakukan berbagai hal yang melukai dan membingungkan diri kita dan orang-orang disekitar kita. Pada akhirnya kita menjadi begitu terbiasa melakukan kesalahan yang sama sehingga kita tertidur. KITA PERLU BANGUN.

Saya mau katakan sekali lagi, KITA PERLU BANGUN

Jangan ter-lena dengan kondisi tidak mengenal diri dengan baik, ter-lena menjadi orang yang sensitif, ter-lena dengan kondisi yang membuat kita jauh dari lingkungan sosial kita karena menganggap tidak ada orang yang mengerti saya. bukan itu jawaban sebenarnya. yang sebenarnya adalah karena kita tidak mengenal diri kita yang seutuhnya, potensi kita, baiknya kita, yang ada didalam diri kita bukan hanya tentang betapa kita sensitif terhadap ini dan itu. tapi tentang bagaimana kita belajar memperbaiki diri agar tidak menjadi terluka.

  1. Apakah kita benar-benar mengenal diri kita?
  2. Seberapa besar masa lalu kita menghalangi masa sekarang?
  3. Apakah kita melihat dunia melalui mata kita yang sekarang atau melalui mata kita ketika kita masih anak-anak?
  4. Luka-luka tersembunyi dan kepercayaan salah apa saja yang kita dapatkan semasa kecil yang secara diam-diam tetap mengatur kehidupan kita?
  5. Mengapa menggumuli pertanyaan seperti ini membantu kita semakin mengenal Allah?

Setelah membaca pertanyaan ini? apa jawaban kita? apa yang kita dapat pelajari dari pertanyaan-pertanyaan diatas? - saya belajar hal-hal menyakitkan tentang diri saya.

"Cepat atau lambat kita harus membedakan antara siapa diri kita dan yang bukan diri kita. kita harus membedakan antara siapa diri kita dan yang bukan diri kita. kita harus menerima fakta bahwa kita tidak seperti yang kita inginkan. kita harus membuang diri kita yang palsu seperti pakaian yang sudah rusak..."

"Kita harus menemukan diri kita yang sebenarnya, dalam segala kekurangannya, tapi juga dalam segala keagungan dan martabatnya; diciptakan menjadi anak ALLAH, mampu mengasihi dengan tulus dan tidak egois serupa ALLAH."

"Apapun itu, teladanilah Allah yang selalu berbelas kasih pada diri anda. membenci diri tidak pernah menghasilkan perubahan yang baik dan bertahan lama dalam kehidupan kita, hanya kasih yang berhasil. oleh karena itu kita semua perlu bersyukur dan berkata, Amin!"

So thats why saya amat sangat merekomendasikan kita semua membaca buku ini. buku ini mengajarkan kita menemukan tipe kita dengan eneagram (salah satu alat ukur yang digunakan sebagai model kepribadian yang mungkin tidak sepenuhnya akurat.. namun saya dapat katakan sangat berguna. rasanya saya ingin menuliskan berkat-berkat tentang eneagram yang saya dapatkan dari buku ini. namun saya ingin menghormati bagaimana penulis membuat tulisan ini begitu amat sangat indah dan memberkati saya. apa yang memberkati? buku ini share bagaimana tipe kita berada dalam keadaan baik, dalam keadaan biasa dan bahkan ketika dalam keadaan tidak baik-baik saja. buku ini juga mengingatkan dosa mematikan yang dimiliki oleh tipe kepribadian kita (Nah.. ini bagian paling menusuk dan merobek setiap selubung itu..), tipe kita dalam masa kecil kita, dalam relasi kita dan juga ditempat kerja kita hingga bagaimana kita dapat men-transformasi-kan tipe kita sesuai dengan kehendak ALLAH (melakukan perubahan seturut dengan gambaran-Nya). Lengkap bukan?!

 Jika kalian tertarik dan penasaran ingin menemukan berkat itu buat kalian, saya sangat merekomendasikan kalian untuk membeli buku ini di toko buku kristen terdekat daerah kalian atau bisa di melalui link dibawah ini:

Tokopedia : https://tokopedia.link/8KqOHNzfnJb  

Shopee : https://shope.ee/8f6COwMKaC 

Ini bukan jualan yaa.. saya hanya membantu usaha orang-orang yang memiliki berkat ini, kita bisa sama sama dinikmati oleh kita semua.. 

Ohiyaaa spoiler, after baca buku ini.. tipe kepribadian saya adalah tipe 9 (tipe yang gabisa dibanggain namun tipe ini membuat saya belajar bagaimana memanfaatkan tipe ini untuk semakin mengenal Tuhan). 

Akhir kata, sebelum kalian selesai membaca dan menutup blog ini, ijin kan saya share satu doa dalam buku ini yang menguatkan saya hingga saat ini dan saya berharap juga dapat menguatkan kita semua.

Kiranya kamu, dalam hidupmu, mengakui kehadiran, kekuatan dan terang dari jiwamu.
Kiranya kamu, menyadari bahwa kamu tidak pernah sendirian, bahwa jiwamu dalam terang dan kebersamaan menghubungkan kamu secara intim dengan ritme alam semesta.
Kiranya kamu, menghormati keunikan dan perbedaan mu.
Kiranya kamu, menyadari jiwamu  itu unik, bahwa kamu memiliki tujuan khas di dunia, bahwa dibalik hidupmu ada sesuatu yang indah dan kekal sedang terjadi.
Kiranya kamu, belajar melihat dirimu dengan kebanggaan, kesenangan dan harapan yang sama seperti Allah melihat kamu setiap saat.
Amin.

#theroadbacktoyou #bookrecommended #ChristianBook #Pengenalan diri #Eneagram

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal - soal pertumbuhan dan perkembangan

1. Perhatikan gambar tentang pengaruh cahaya terhadap hormon dan pertumbuhan tanaman berikut: Manakah pernyataan yang benar tentang bagan di atas? A.Cahaya mempercepat produksi auksin pada tanaman B, sedangkan cahaya menghambat produksi auksin di tanaman A sehingga tumbuh lurus B.Tanaman A dan B berbeda arah pertumbuhan karena intensitas cahaya yang diterima tidak sama C.Tanaman A mendapat cahaya dan atas sehingga auksin menuju ke bawah, sedangkan tanaman B mendapat cahaya dari samping sehingga auksin ke arah samping. D.Tanaman A tumbuh lambat, sedangkan tanaman B tumbuh cepat sehingga tanaman B membelok ke arah cahaya E.Tanaman A tetap tumbuh lurus karena sebaran auksin merata, sedangkan tanaman B tumbuh ke arah cahaya karena auksin terurai jika terkena cahaya. Jawab : E Pembahasan : Cahaya dapat menghalangi kerja auksin (auksin tidak aktif) dan menghambat pertumbuhan. Sehingga, pertumbuhan kecambah di tempat gelap lebih cepat daripada di tempat terang. Hal inilah yang

100 Nama Alat Peralatan Tangan Bengkel

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-7752544281088251"      crossorigin="anonymous"></script> 1.      Kompressor 2.     Klem 3.     Kunci Inggris 4.     Spray Gun 5.     Mesin Las & Perlengkapannya 6.     Dongkrak Hidrolik ban 7.     Dongkrak jembatan 8.     Dongkrak penyangga (jackstand) 9.     Dongkrak botol 10.   Dongkrak buaya 11.   Penggores 12.   Penitik 13.   Jangka 14.   Kikir 15.   Gergaji besi 16.   Steel rule 17.   scriber 18.   Gerinda portable 19.   Angle grinder 20. Bench grinder 21.   Sander 22. Disc polisher 23. Wool poles 24. Pad poles 25. Jig saw machine 26. Amplas 27. Bor portable 28. Mata bor bocsh 29. Reamer tangan (peluas) 30. Pemotong ulir luar (sney) 31.   Tap tangan 32. Tangkai tap 33. Gunting tangan 34. Palu konde 35. Meja datar 36. Penjepit (ragum) 37. Palu lunak (mallet)

85 Nama Peralatan Tangan Bengkel beserta fungsinya

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-7752544281088251"      crossorigin="anonymous"></script> No Nama Fungsi 1. Tang Cucut Bentuknya mirip ikan cucut: moncong pipih, panjang, dan berbentuk gergaji. Sebab itu, tang ini dikenal sebagai “tang cucut”. Berfungsi sebagai penjepit kawat atau kabel . 2. Tang Kombinasi dipakai untuk beberapa keperluan  memegang benda kerja, memotong dan memunti 3. Tang kakatua dipakai untuk menjepit autau mencabut paku 4. Tang pemegang dipakai untuk memegang benda kerja dengan mulut tang yang lebar dan poros yang dapat digeser atau dirubah. 5. Tang potong biasa digunakan hanya untuk memotong kawat, tembaga, seng, dll 6. Tang pembulat biasanya digunakan untuk membuat mata itik.